Tuesday, May 21, 2013

CONTOH SKRIPSI KEPERAWATAN : PENGARUH FAKTOR KARAKTERISTIK PASIEN, MUTU PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA


BAB I
PENDAHULUAN

            I.1 Latar Belakang
            Upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat sebagai cita – cita bangsa sangat berhubungan dengan peningkatan disektor kesehatan. Untuk mewujudkannya diselenggarakan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang berkesinambungan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan (Depkes RI,1991).
Salah satu bentuk upaya kerja keras itu, saat ini semakin banyak tempat pelayanan kesehatan bermunculan, baik sektor pemerintah maupun swasta, dengan menawarkan jasa pelayanan kesehatan yang bermutu dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Kompetisi yang akhirnya terjadi di sektor pelayanan kesehatan pun tak dapat dielakkan, namun ada dampak positif dari keadaan ini yaitu semakin baiknya mutu pelayanan kesehatan yang dapat diterima dan dinikmati masyarakat.    
Untuk itu, saat ini adalah sangat penting bagi rumah sakit, untuk mampu berkompetisi dibidang pelayanan dengan rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya sehingga dapat menarik sebanyak mungkin pasien dengan beragam cara dan strategi. Keberhasilan rumah sakit dapat ditandai salah satunya adalah dengan semakin baiknya penggunaan tempat tidur perawatan oleh pasien atau BOR (Bed Occupancy Rate) di rumah sakit.
Di bawah ini dapat dilihat BOR RSU Haji Surabaya dari tahun 2000-2002:
            Tabel I.1. Indikator Pelayanan Rawat Inap tahun 2000 -2002 RSU Haji                             Surabaya

INDIKATOR
TAHUN 2000
TAHUN 2001
TAHUN 2002
STANDART
TT
209
217
218
-
BOR(%)
55.02
52.28
56.67
60-85
ALOS(Hari)
55.00
5.73
5.73
6-9
TOI(Hari)
3.48
4.36
3.8
1-3
                Sumber: Evaluasi kinerja RSU Haji Surabaya
Dari data tabel I.1 di atas, diketahui BOR di RSU Haji Surabaya selama 3 tahun berturut-turut, yaitu tahun 2000-2002 mengalami kenaikan namun demikian belum memenuhi standart yang diberikan Depkes pada tahun yang bersangkutan.
Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang muncul adalah rendahnya BOR yang dipengaruhi oleh loyalitas pasien di RSU Haji Surabaya dari tahun 2000-2001.

1 comment:

  1. How to Play the Roulette game on Vimeo - Vimeo
    How to Play the Roulette game on Vimeo · Watch the video below and explore other videos, as well as the video clips on Vimeo. youtube mp4

    ReplyDelete