BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Upaya meningkatkan taraf
kesejahteraan masyarakat sebagai cita – cita bangsa sangat berhubungan dengan
peningkatan disektor kesehatan. Untuk mewujudkannya diselenggarakan upaya
kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang berkesinambungan
secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan (Depkes RI,1991).
Salah satu bentuk upaya kerja keras itu, saat ini semakin
banyak tempat pelayanan kesehatan bermunculan, baik sektor pemerintah maupun
swasta, dengan menawarkan jasa pelayanan kesehatan yang bermutu dan memiliki
fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan.
Kompetisi yang akhirnya terjadi di sektor pelayanan kesehatan pun tak dapat
dielakkan, namun ada dampak positif dari keadaan ini yaitu semakin baiknya mutu
pelayanan kesehatan yang dapat diterima dan dinikmati masyarakat.
Untuk itu, saat ini adalah sangat penting bagi rumah sakit,
untuk mampu berkompetisi dibidang pelayanan dengan rumah sakit atau tempat
pelayanan kesehatan lainnya sehingga dapat menarik sebanyak mungkin pasien
dengan beragam cara dan strategi. Keberhasilan rumah sakit dapat ditandai salah
satunya adalah dengan semakin baiknya penggunaan tempat tidur perawatan oleh
pasien atau BOR (Bed Occupancy Rate) di
rumah sakit.
Di bawah ini dapat dilihat BOR RSU Haji Surabaya dari tahun
2000-2002:
Tabel I.1. Indikator Pelayanan Rawat Inap
tahun 2000 -2002 RSU Haji Surabaya
INDIKATOR
|
TAHUN 2000
|
TAHUN 2001
|
TAHUN 2002
|
STANDART
|
TT
|
209
|
217
|
218
|
-
|
BOR(%)
|
55.02
|
52.28
|
56.67
|
60-85
|
ALOS(Hari)
|
55.00
|
5.73
|
5.73
|
6-9
|
TOI(Hari)
|
3.48
|
4.36
|
3.8
|
1-3
|
Sumber:
Evaluasi kinerja RSU Haji Surabaya
Dari data tabel I.1 di atas, diketahui BOR di RSU Haji
Surabaya selama 3 tahun berturut-turut, yaitu tahun 2000-2002 mengalami kenaikan
namun demikian belum memenuhi standart yang diberikan Depkes pada tahun yang
bersangkutan.
Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang muncul adalah
rendahnya BOR yang dipengaruhi oleh loyalitas pasien di RSU Haji Surabaya dari
tahun 2000-2001.
How to Play the Roulette game on Vimeo - Vimeo
ReplyDeleteHow to Play the Roulette game on Vimeo · Watch the video below and explore other videos, as well as the video clips on Vimeo. youtube mp4